Apple pie

apple-pie

 

Pertama kali mengenal penganan ini sekitar tahun 2007. Waktu itu sering dijadikan oleh-oleh dari teman yang balik dari Bogor. Gurih dan mengenyangkan!! Ya iyyalaah, makannya sekotak 😅😅
Sejak itu, setiap kali ke Bogor atau ada teman yang ke Bogor, saya pasti menyempatkan atau nitip membeli salah satu oleh-oleh khas kota hujan ini.

Konon Pie ditemukan pada zaman Romawi, saat itu Pie digunakan sebagai pembungkus daging dan bahan-bahan lainnya agar tetap lembab saat dimasak dan agar isinya kedap udara serta tidak mudah basi. Bahan kulit pie ini keras dan padat, terbuat dari terigu, lemak daging sapi, telur dan bahan lainnya.

Seiring perkembangan dunia kuliner, kulit pie diciptakan sedemikian rupa dengan komposisi tertentu sehingga bisa dimakan bersama isinya. Awalnya pie merupakan hidangan utama yang berisi daging sapi atau kambing. Sekitar tahun 1500 hidangan pie bertransformasi dengan memakai berbagai jenis buah sebagai isi, salah satunya buah apel (Dari berbagai sumber). Dan pagi ini diujicobakan di #mymessykitchen lagi-lagi nyontek resep punya Bu Ricke Indriani 💪🏾💪🏾

Bahan kulit pie :
500gram terigu protein sedang (saya pake terigu kompas)
300gram mentega dingin
3 kuning telur
2 sdm gula halus
1/2 sdt garam halus
1 sdt vanili bubuk

Cara membuat:
Campur mentega, gula, telur, vanili dan garam. Aduk hingga tercampur rata. Masukkan terigu, aduk menggunakan dua buah sendok garpu hingga adonan menjadi butiran kasar. Satukan dan padatkan adonan, buat bulatan hingga mudah dipulung. Bungkus dengan plastik wrap. Simpan dalam kulkas sekitar setengah hingga satu jam

Bahan isi:
6 buah apel malang yang sudah matang
1 sdm air jeruk lemon (saya pakai jeruk nipis, lemon mihil bok)
100gram gula pasir
50gram mentega
2 sdm gula aren bubuk (saya pakai gula merah biasa yang dikerik halus)
2 sdm peres kayu manis
2 sdm maizena
1/4 sdt garam halus
50 gram kismis(optional), rendam air panas, kemudian tiriskan lalu cincang kasar

Cara membuat:
Kupas apel buang bijinya, potong dadu, beri air jeruk, aduk rata. Tambahkan gula pasir, gula merah, garam dan kayu manis. Aduk rata. Simpan dalam kulkas selama 30 menit hingga airnya (juice) keluar.
Setelah adonan apple berair, taburi maizena. Panaskan di atas api sambil terus diaduk hingga mengental dan apel lunak. Matikan api, masukkan mentega, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur rata. Terakhir masukkan kismis. Aduk lagi. Dinginkan.

Penyelesaian:
Giling adonan kulit setebal 0,5cm. Masukkan ke dalam cetakan yang telah diolesi mentega dan ditaburi terigu. Tekan-tekan agar adonan rapat dengan cetakan. Isi dengan adonan apel, tutup kembali dengan sisa adonan kulit. Bisa dibuat bentuk anyaman atau ditutup rata.

Panggang sekitar 30-45 menit. Sebelum matang, keluarkan dari oven. Olesi dengan kuning telur. Panggang kembali sekitar 5 menit.

Siap untuk jadi kudapan pagi, cukup sehat karena termasuk sarapan buah. Buah apel! 😂😂😂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *